Friday, March 06, 2009

Membangun PC Router Menggunakan MikroTik Router OS

Hai, apa kabar pembaca dan pecinta artikel ?
semoga saja kalian tetap sehat selalu. Amiin. :)
Baiklah, pada kesempatan ini saya akan berbagi ilmu kepada kalian semua dalam bidang jaringan. Well, sekarang saya akan menuliskan tutorial tentang bagaimana caranya Membangun PC Router menggunakan MikroTik Router OS.
Sebelum ke tutorial, saya akan menjelaskan sedikit tentang Router. Router ialah perangkat keras jaringan komputer yang mengirim data dari jaringan/internet ke tujuannya. Router ini berfungsi untuk menghubungkan antara jaringan yang berbeda kelas. Misalkan, di Sekolahan terdapat 3 Lab.Kompi, yang lab.kompi 1 menggunakan ip kelas C dan Lab.Kompi yang 2 lagi menggunakan ip kelas B. Maka untuk bisa menghubungkan antara jaringan yang berbeda kelas yang berada dalam satu lokasi, Routerlah solusinya. Untuk Router, kita tidak perlu membeli Router yang asli, karena kita bisa menggunakan fasilitas PC yang speksifikasinya rendah untuk dijadikan Router. Emm...Spesifikasinya ? Nah itu dia ! Kita cuma membutuhkan PC minimal Pentium 3, RAM 256MB dan kapasitas Hard Disk cukup 2GB saja, karena kalau kapasitasnya terlalu besar maka proses format disknya akan memakan waktu yang lama.
Terus, setelah itu bagaimana ? Apabila kita sudah siapkan PC untuk dijadikan router maka kita buat dulu kabel yang susunannya Straight 2 utas. Yang satu untuk sambungan ke Modem dan yang satunya lagi di hubungkan ke Switch/Hub.
Nah, apabila semuanya sudah siap maka langkah selanjutnya kita siapkan dulu CD Bootable MikroTiknya. Apa itu MikroTik ? MikroTik adalah sistem operasi linux base, digunakan untuk jaringan Router. MikroTik itu sendiri berbasiskan teks, jadi kitapun tidak perlu memakai Hard Disk yang kapasitasnya besar. Administrasi/konfigurasinya juga dapat kita lakukan dengan menggunakan aplikasi WinBox yang berbasis GUI.

Well, saya sudah menjelaskan tentang Router, MikroTik dan apa saja yang harus dipersiapkan. Maka sekarang akan saya teruskan ke langkah selanjutnya, yaitu membangun PC Router MikroTik.
Perhatikan simulasi dibawah ini, (untuk lebih jelas, klik gambarnya).



  1. Langkah pertama, siapkan komputer yang ada CD-ROMnya dan juga CD Bootable MikroTik. Kalau belum ada, kalian bisa mengunduhnya disini (hehe dari tadi juga sudah siap! - -").

  2. setelah itu nyalakan komputernya dan pastikan bahwa kabel jaringannya sudah plug ke Modem dan Switch. Kemudian masuk ke BIOS, rubah dulu 1st boot dengan CD-ROM. setelah itu tekan F10 atau Save and Exit. Masukkan CD Bootablenya ke CD-ROM, restart dan tunggulah beberapa saat.

  3. Kemudian akan muncul daftar-daftar packages. Berarti kita sudah masuk ke Setup MikroTik.

  4. Disini kita akan memilih Packages yang akan di pasang. Untuk memilih tekan Spasi, kalu akan memilih semuanya tekan Spasi+A.

  5. Apabila sudah, tekan i untuk install.

  6. Setelah menekan i, akan muncul pesan "Do you want to keep old configuration? [y/n]:". Tekan saja n (tidak) apabila akan menjaga konfigurasi yang sebelumnya. Tekan y (ya) sebaliknya. Setelah itu tekan y lagi dan tekan Enter.

  7. Tunggu beberapa saat, proses install sedang berlangsung. Setelah proses install selesai, keluarkan CD Bootablenya kemudian tekan Enter untuk meRestart dan memulai konfigurasi.

  8. Untuk login, pakai user admin, dan passwordnya di kosongkan saja, langsung tekan Enter.

  9. Langkah selanjutnya, kita ketikkan perintah seperti ini interface pr, perintah ini untuk melihat/memeriksa apakah Lan cardnya sudah terpasang 2 atau tidak. ether1 untuk IP Public (internet) dan etehr2 untuk IP Local (LAN). Tanda R menandakan Running

  10. Selanjutnya ketikkan perintah ip address add address=192.168.1.250 netmask=255.255.255.0 interface=ether1 tekan Enter. Untuk ehter1, itu adalah IP Public yang akan di hubungkan ke Modem dan diteruskan ke Internet dengan syarat harus mengisi DNS.

  11. Setelah itu, ketikkan lagi perintah ip address address=192.168.24.250 netmask=255.255.255.0 interface=ether2 tekan Enter. Untuk ehter2, itu adalah IP ke Local yang akan di hubungkan ke Jaringan LAN. Angka 24 itu bebas bisa berapa saja sesuai keinginan.

  12. Ketikkan perintah ip address pr untuk melihat ip address dari ether1 dan ether2.

  13. Langkah selanjutnya menambahkan gateway. Ketikkan perintah ip route add gateway=192.168.1.1. Pada pengisian gateway tidak bebas, isikan sesuai dengan IP Modem.

  14. Untuk melihat, ketikkan perintah ip route pr. r menandakan Running.

  15. Kemudian langkah berikutnya, tambhakan DNS. Primarary dan Secondary DNS. Ketikkan perintah ip dns set primary-dns=203.130.196.155 secondary-dns=203.130.196.161 allow-remote-requests=yes tekan Enter. Pengisian DNS disesuaikan dengan DNS kalian. Untuk melihat ip dns, ketikkan perintah ip dns pr.

  16. Selanjutnya, ketikkan perintah /ip firewall nat add action=masquerade chain=srcnat out-interface=ether1. Untuk out-interface, isikan etehr1 yang menghubungkan ke Internet.

  17. Setelah itu, tes ping google.com tekan Enter. Apabila hasilnya : 216.239.61.104 64 byte ping: ttl=247 times=60 ms, berarti sudah sukses. Tinggal mengganti Gateway dengan ip ether2 tadi dan ip juga sama, misal ip 192.168.24.33 gateway 192.168.24.250.

  18. Selanjutnya tinggal membagi Bandwidth di tiap client, agar sama rata dengan menggunakan aplikasi WinBox. Caranya, ketikkan gateway ke address bar di Browser. Nanti akan muncul tampilan dari MikroTik dan disitu ada WinBox (klik download it).Setelah di download, jalankan WinBox. Untuk membagi Banwidth, menggunakan Queues.

Nah, selesai sudah untuk pemasangan dan konfigurasi MikroTik Router PC. Semoga tutorial ini bermanfaat bagi kalian semua. Amiin. :)
Untuk lebih jelas dan tentunya lebih detil, rekan sekalian bisa mengunduhnya disini.
HuaaahhhHhh....well. I was sleepy and had to sleep, because tomorrow should wake up early. Good night everybody and have nice dreams. ^_^


Oleh : zul_hilmi

1 comment:

Akmal Muhamad Fadilah said...

Great tutor....
Great explain....
And Great matter....