Friday, March 06, 2009

COMPUTER NETWORK

Pengenalan Jaringan

Jaringan komputer adalah kumpulan komputer, Printer dan peralatan lainnya yang saling terhubung dalam satu kesatuan.
Jaringan komputer terbagi dari :
  1. Jaringan peer to peer adalah suatu jaringan yang dibangun tanpa adanya hub, terdiri dari dua buah komputer.
  2. LAN singkatan dari Local Arean Network yaitu suatu jaringan komputer yang hanya mencakup wilayah kecil. Seperti sekolah, office/kantor, kampus, dalam rumah.
  3. WAN (Wide Area Network) adalah jaringan yang mencakup area/lokasi yang besar. Misalnya jaringan antar kota, wilayah atau bahkan negara dan dapat didefinisikan sebagai jaringan komputer yang memerlukan router serta saluran komunikasi publik. WAN digunakan untuk menghubungkan jaringan lokal yang satu dengan yang lain, sehingga jaringan lokal yang satu dapat berinteraksi dengan jaringal lokal lainnya.
  4. Metropolitan Area Network yang biasa disingkat MAN adalah gabungan dari beberapa jaringan lokal atau LAN, jangkauan dari MAN ini antara 10 hingga 50 km. Jaringan ini merupakan jaringan yang tepat untuk membangun jaringan antar kantor-kantor dalam suatu kota yang berada dalam jangkauannya.

Macam-macam Kabel Jaringan :
  1. UTP (Unshielded Twisted-Pair) merupakan jenis kabel jaringan yang menggunakan bahan dasar tembaga. UTP merupakan jenis kabel yang umum sering digunakan dalam jaringan lokal (LAN).
  2. Coaxial (kabel Coaxial) adalah kabel tembaga yang diselimuti oleh beberapa pelindung (pelindung luar, pelindung anyaman tembaga, dan isolator pelasting).
  3. Fiber Optic adalah kabel serat optik yang mampu menyalurkan data dengan kecepatan tinggi.
Pengkabelan UTP

Network cabling (pengkabelan jaringan) umumnya menggunakan kabel UTP (Unshielded Twisted-Pair). pada kabel UTP terdapat 4 pasang susungan kabel yang hampir mirip dengan kawat yang di kelompokan dalam warna yang berbeda.
Crossover atau bisa disebut kabel silang, biasanya digunakan untuk menghubungkan dua buah komputer tanpa melewati Hub. Pada kabel ini susunan antara ujung satu dengan ujung yang lainnya tidak sama alias bersilan. Kebanyakan digunakan untuk transfer data antara dua buah komputer dan untuk internet sharing berskala kecil seperti rumah dan office/kantor dengan kompuer terbatas.




Straight Trough Kabel dengan kombinasi ini digunakan untuk koneksi antar perangkat yang berbeda jenis, seperti antara komputer ke switch, komputer ke hub/bridge, router ke switch, router ke bridge dsb. kombinasi warnanya dapat kita lihat pada gambar berikut :




Ip Address/Alamat Ip (Internet Protocol), ialah deretan angka biner 32-bit sampai dengan 128-bit yang dipakai sebagai alamat identifikasi pada setiap Host/Komputer/Host dalam jaringan internet.
Sistem pengalamatan Ip dibagi menjadi 2, IPv4 dan IPv6. Tapi kali ini saya hanya menuliskan satu, yaitu IPv4. IP terbagi menjadi 4 kelas, kelas A, B, C dan keas D. Diantaranya sebagai berikut :

IP Address Kelas A (Unicast), digunakan untuk alamat jaringan yang berskala besar.
  • Bit Pertama 1 - 126
  • Net ID 8-bit
  • Host ID 24-bit
  • Jumlah Maksimal Jaringan 126



IP Address Kelas B (Unicast), digunakan untuk alamat jaringan yang berskala menengah sampai skala besar.
  • Bit Pertama 128 - 191
  • Net ID 16-bit
  • Host ID 16-bit
  • Jumlah Maksimal Jaringan 16,384


IP Address Kelas C (Unicast), digunakan untuk alamat jaringan yang beskala kecil.
  • Bit Pertama 192 - 223
  • Net ID 24-bit
  • Host ID 8-bit
  • Jumlah Maksimal Jaringan 2,097,152



IP Address Kelas D (alamat Multicast)


Oleh : zul_hilmi


2 comments:

greatchandeliers said...

Good tips on computer networking. thanks for it.

zul_hilmi said...

@greatchandeliers : your wellcome !